Pentingnya Catatan Harian dalam Pelaksanaan Proyek

Catatan harian proyek merupakan salah satu dokumen penting dalam pelaksanaan kegiatan proyek, ada banyak peristiwa atau kejadian yang penting dan akan terkait hal lain semisal klaim. Catatan proyek menjadi salah satu bahan untuk memeriksa kronologis kejadian atau bukti mengenai peristiwa tersebut.

Beberapa istilah yang lazim digunakan untuk menyebut catatan harian ini, dari mulai engineer diary, daily report, daily notes, dan sebagianya.

Apa gunanya mencatat harian?

Catatan harian berguna untuk mendokumentasikan hal yang terjadi di proyek pada hari itu. Catatan ini akan berguna jika suatu hari membutuhkan informasi apa yang terjadi pada waktu tersebut.

Hal apa saja yang sebaiknya dicatat?

Berikut beberapa hal yang sebaiknya ada dalam catatan harian proyek konstruksi.

  • Aktivitas yang terjadi dalam hari itu
  • Aktivitas yang mengalami kendala
  • Jumlah tenaga kerja
  • Aktivitas overtime
  • Catatan cuaca
  • Kendala atau masalah yang terjadi pada hari itu berikut rencana tindak lanjutnya jika telah ditentukan.

Jika anda rajin, di catatan harian tersebut dapat pula ditambahkan foto-foto kejadian pentingnya.

Kapan sebaiknya membuat catatan harian tersebut?

Sebaiknya dilakukan 30 menit sebelum anda menyelesaikan pekerjaan pada hari itu.

Apa kendala membuat catatan harian ?

Kendala yang paling besar adalah kemalasan dan sikap disiplin kita untuk secara konsisten membuat catatan tersebut.

Dalam bentuk format apa sebaiknya catatan harian tersebut?

Saya tetap berpendapat format hard copy, atau tulisan tangan langsung di kertas menjadi pilihan yang terbaik. Ini memang kurang praktis, tetapi ini banyak membantu melatih kedisiplinan.

Pilihan berikutnya adalah dengan format softcopy, dapat dalam bentuk format MS Word atau MS Excel. Ini memiliki keunggulan kita praktis untuk melakukan penyimpanan dan pencarian jika diperlukan. Kekurangannya adalah resiko catatan soft file tersebut jika terhaput atau ada masalah dengan laptop kita.

Dengan berkembangnya teknologi, kita juga dapat memiliki catatan harian dengan cara berkolaborasi dengan team. Ini dapat menggunakan format seperti google sheet dan sebagainya. Ini memberikan keleluasaan dan kemungkinan untuk menggabungkan catatan dari team yang berbeda tempat.

Apa yang perlu dipersiapkan untuk membuat catatan harian?

Satu-satunya hal yang paling penting yang diperlukan untuk membuat catatan harian tersebut adalah kemauan. Selebihnya adalah hanya masalah fasilitas atau alat saja.

Semoga tulisan ini dapat mengingatkan kita kembali untuk menyadari pentingnya sebuah catatan harian. Jika anda ada komentar atau tambahan, silahkan tambahkan di kolom komentar ya. Salam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *