Apa itu Superimpose Drawing dan apa manfaatnya ?

Pada saat melakukan review design, terkadang ada kebutuhan untuk melakukan koordinasi antar disiplin. Misalnya gambar Architecture Civil Structure (ACS) dengan gambar Mechanical Electrical & Plumbing (MEP).

Untuk design yang sederhana, mungkin hal ini tidak menjadi kendala dan superimpose ini tidak diperlukan, akan terapi untuk design yang kompleks, dimana ada banyak layer atau plan, koordinasi design antar disiplin pun menjadi lebih kompleks.

Salah satu teknik atau istilah yang sering disebut adalah “superimpose drawing“.

Apa itu Superimpose Drawing?

Superimpose drawing adalah teknik meng-overlaping-kan layer drawing satu dengan yang lainnya. Ini dilakukan dengan tetap mempertahankan keutuhan drawing satu dengan yang lainnya, bukan mengkombinasikannya.

Mengapa superimpose drawing diperlukan?

Tujuan dari melakukan superimpose drawing adalah untuk melihat kesesuaian ataupun melihat apakah ada potensi clash di design tersebut.

Terkadang pada saat perencanaan, pada saat plan layout sudah dibuat, kemudian langkah berikutnya adalah detail MEP seperti routing ducting, jalur sistem sprinkler, dan sebagainya.

Pada banyak kasus, pada saat detail drawing MEP dibuat, sering terjadi perubahan layout plan. Perubahan ini terkadang tidak terkomunikasikan atau tidak sempat diadopsi oleh detail MEP. Akibatnya, akan ada ketidaksesuaian antara drawing ACS dengan drawing MEP.

Untuk memverifikasi hal ini, sebaiknya pihak kontraktor atau konsultan melakukan superimpose drawing untuk memastikan bahwa designnya tidak bermasalah.

Apa manfaat dari Superimpose drawing?

Dengan adanya superimpose drawing, konsultan maupun kontraktor dapat mengetahui secara pasti apakah ada ketidaksesuaian design yang akan menghambat aktivitas konstuksi atau tidak.

Konsultan dan kontraktor dapat mengetahui lebih dini masalah ketidaksesuaian design dan dapat mencari jalan keluarnya sesegera mungkin tanpa mempengaruhi aktivitas konstruksi yang berlangsung.

Bagaimana melakukan superimpose drawing?

Salah satu pilihan untuk melakukan superimpose drawing adalah dengan bantuan CAD. Untuk aplikasi AutoCAD, anda silahkan membaca tips bagaimana melakukan superimpose drawing di tautan ini.

Apabila anda bukan engineer yang bertugas untuk melakukannya. Anda dapat meminta engineer atau kontraktor untuk melakukan superimpose drawing.

Teknik superimpose drawing memiliki keterbatasan untuk mereview design yang rumit. Untuk design yang sangat kompleks, disatankan untuk menggunakan Building Information Modeling (BIM), dimana salah satu fiturnya adalah clash analyser. Silahkan kunjungi tulisan saya tentang apa itu BIM di tautan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *