Tutorial Microsoft Project, Bagaimana Membuat % Plan

Microsoft Project® merupakan salah satu software yang sangat populer untuk membuat schedule. Ini dikarenakan mudah digunakan bahkan untuk yang pemula belajar membuat schedule.

Pada saat kita telah membuat schedule, terkadang muncul pertanyaan berapa persen kah seharusnya project ini atau aktivitas ini? Informasi ini tidak dapat langsung dimunculkan di kolom yang ada secara default, melainkan harus dibuat atau di customize.

Bagaimana membuat planned % complete di Microsoft Project®?

Langkah Persiapan

Sebelumya kita memerlukan langkah persiapan:

  • Siapkan project schedule dan activity list yang sudah lengkap.
  • Set activity tersebut menjadi sebuah project baseline.

Kemudian kita baru mulai langkah membuat planned % complete sebagai berikut:

Langkah 1. Buat kolom durasi aktivitas (Duration days)

Secara default, Microsoft Project® menyimpan durasi dalam format menit, sehingga anda perlu mengubahnya menjadi bentuk hari.

Caranya : Insert column “Number1”, kemudian klik kanan, kemudian “customize field”, rename menjadi “Duration days”,  pilih radio button formula, dan masukan formula sebagai berikut:

 Val(ProjDurConv(Duration, pjdays))

Langkah 2. Buat kolom durasi sisa (Elapsed days)

Anda perlu membuat kolom durasi sisa, elapsed days.

Caranya : Insert column “Number2”, kemudian klik kanan, kemudian “customize field”, rename menjadi ”elapsed days”, kemudian pilih radio button formula, dan masukan formula sebagai berikut:

IIf(ProjDateDiff([Baseline Start],[Status Date])/480>=Val(ProjDurConv([Baseline Duration],pjDays)),Val(ProjDurConv([Baseline Duration],pjDays)),IIf(DateDiff(“d”,[Baseline Start],[Status Date])<=0,0,ProjDateDiff([Baseline Start],[Status Date])/480))

Langkah 3. Buat kolom planned % complete

Prinsipnya anda akan menghitung sisa durasi “elapsed days” terhadap baseline duration.

Caranya: Insert column “Number3”, kemudian klik kanan, kemudian “customize field”, rename menjadi “Planned % complete”, kemudian pilih radio button formula, dan masukan formula sebagai berikut:

Number2/Number1

Langkah 4. Buat kolom planned % complete dalam format text

Langkah terakhir adalah membuat kolom planned % complete dalam format text.

Caranya: Insert column “Text1”, kemudian klik kanan, kemudian “customized field”,rename menjadi “planned % complete” (atau apapun yang anda inginkan), kemudian pilih radio button formula, dan masukan formula sebagai berikut:

Format(Number3, “0%”)

Video Tutorial dan file formulanya

Untuk mudahnya, silahkan download formulanya dan ikuti langkahnya di video berikut.

Semoga artikelnya bermanfaat. Silahkan tinggalkan komentar atau saran ada dibawah.

Terima kasih sudah membaca tulisan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *